.

Advertisement (468 x 60px )

Jumat, 26 April 2013

DCS Caleg Menuai Protes


Oleh: Bambang Fouristian

Menyusul ditetapkannya DCS (Daftar Calon Sementara) Caleg (Calon Legislatif) oleh seluruh Parpol (Partai Politik) peserta Pemilu (Pemilihan Umum) 2014 menuai ketidakpuasan dari para simpatisan dan kader yang berniat mencalonkan diri sebagai wakil rakyat.
Tak hanya di kota-kota besar, di wilayah Kab. Garut pun muncul ketidakpuasan atas kinerja tim penjaringan Bacaleg (Bakal Calon Legislatif) dan Ketua DPC (Dewan Pimpinan Cabang) setempat dalam menetapkan DCS.
Keduanya sama sekali tak objektif dalam menilai/menentukannya. Bagaimana tidak, seorang pengurus di-tingkat Kecamatan yang sudah berjuang sejak partai didirikan tak lolos atau masuk di DCS Caleg. Sementara, wajah-wajah baru yang tak ikut membesarkan partai bisa duduk manis dan tersenyum lega.
Mereka menilai telah terjadi kecurangan. Unsur kedekatan atau sejumlah nominal dan berbagai macam hadiahkah yang memudahkan terdaftar sebagai Calon Legisltaif tanpa melihat latar belakang politiknya. Mungkin saja kepentingan dari incumbent? Wallahualam.
Seorang kader Partai Gerindra (Gerakan Indonesia Raya) yang juga selaku Kades (kepala Desa) mengaku kecewa dirinya tak masuk DCS Legislatif. Dari sudut pandang mana Ketua DPC dalam menilainya?
Bukan itu saja, para pelamar Caleg yang mempunyai jaringan massa yang berniat membesarkan partai, seorangpun tak ada yang diloloskan. Konon menurut informasi, Bacaleg yang punya jaringan massa tak akan diakomodir karena se-Dapil (Daerah Pemilihan) dengan Ketua DPC.
Lalu pada nomor urut pun menjadi polemik dan buah bibir mereka yang sudah terdaftar di calon sementara, khususnya incumbent. Lucunya lagi, mereka berencana akan saling buka kelemahan masing-masing selama menjadi wakil rakyat.
Jika itu benar-benar terjadi, sungguh perbuatan yang sangat memalukan dan menggambarkan betapa bokbrok serta lemahnya cara berpolitik mereka. Pertunjukan itu semakin mempertebal ketidakpercayaan masyarakat terhadap Partai Politik,  


Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Koran BOM Garut 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Black Burn | Published by OiziQ Cyber